Search

Pasangan EUR/USD terbantu pelemahan dollar AS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sentimen berupa sejumlah data ekonomi Amerika Serikat yang memburuk hingga efek perang dagang mampu mengurangi tekanan mata uang euro. Alhasil, pasangan mata uang EUR/USD mampu menguat jelang akhir pekan kemarin. Mengutip Bloomberg, pasangan EUR/USD menguat 0,33% menjadi 1,2281 pada penutupan perdagangan Jumat (6/4) silam.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra mengatakan, data-data ekonomi zona Eropa cenderung memburuk dalam beberapa hari terakhir. Kamis (5/4) lalu, data akhir aktivitas perekonomian sektor jasa (final service PMI) zona Eropa di bulan Maret hanya berada di level 54,9 atau lebih rendah dari pencapaian bulan sebelumnya di level 55,0.

Selain itu, data penjualan ritel Zona Euro di bulan yang sama hanya meningkat 0,1% atau masih di bawah perkiraan sebesar 0,6%.

Kendati demikian, euro diuntungkan oleh ikut memburuknya beberapa data ekonomi penting AS. Misalnya, data pekerja di luar sektor pertanian yang hanya meningkat 103.000. Jumlah ini masih lebih sedikit dari ekspektasi pasar yang mencapai 188.000. Belum lagi, dollar AS juga berhadapan dengan sentimen meningkatnya tensi perang dagang antara AS dan China.

“Secara umum, pergerakan euro lebih dipengaruhi oleh faktor eksternalnya,” tutur Putu.

Ia melanjutkan, pada Rabu (11/4), akan ada pidato dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi yang jika menyinggung masalah perkembangan ekonomi Eropa akan mempengaruhi pergerakan pasangan EUR/USD. Arah pasangan ini juga bisa dipengaruhi oleh rilis notulensi Federal Open Market Committee di hari yang sama.

Secara teknikal, pasangan EUR/USD masih berada di bawah MA50 namun di atas MA100 dan MA200. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) berada di level minus 0,001. Sementara itu, stochastic naik ke level 18 sedangkan RSI turun ke level 28. Putu merekomendasikan sell on rally untuk pasangan EUR/USD selama harga masih di bawah 1,2300. Ia memprediksi pasangan mata uang ini pad Senin (9/4) akan bergerak dengan support 1,2175–1,2135– 1,2100 dan resistance 1,2300–1,2340–1,2370.

 


Reporter: Dimas Andi
Editor: Sofyan Hidayat

VALUTA

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://investasi.kontan.co.id/news/pasangan-eurusd-terbantu-pelemahan-dollar-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasangan EUR/USD terbantu pelemahan dollar AS"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.