Search

Mantan Dirjen Hubla Akui Pernah Terima 20.000 Dollar AS dari Jonan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono mengaku, pernah menerima uang 20.000 dollar Amerika Serikat dari Ignasius Jonan.

Saat itu, Tonny masih menjabat Dirjen, sementara Jonan menjabat Menteri Perhubungan.

Hal itu dikatakan Tonny saat memberikan keterangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (4/4/2018).

"Waktu itu saya dikasih 20.000 dollar AS dari Pak Ignasius Jonan," kata Tonny.

(Baca juga : Mantan Dirjen Hubla Pilih Pakai Hardtop Ketimbang Mobil Mewah)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ketika menjadi pembicara di Kompas 100 CEO Forum di Raffles Jakarta, Kuningan, Rabu (29/11/2017). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ketika menjadi pembicara di Kompas 100 CEO Forum di Raffles Jakarta, Kuningan, Rabu (29/11/2017).
Menurut Tonny, uang itu adalah hadiah yang diberikan Jonan selaku atasannya, karena berhasil mendapatkan black box (kotak hitam) pesawat AirAsia yang mengalami kecelakaan beberapa tahun lalu.

Baca juga : Dirjen Hubla Mengaku Pernah Tak Loloskan Putra Soeharto Saat Lelang)

Menurut Tonny, sesuai keterangan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), penemuan black box pada waktu itu adalah yang tercepat di dunia.

Dia pun mendapat pujian dari Jonan.

"Awalnya saya dimaki-maki, sudah kerahkan banyak kapal tapi tak bisa ditemukan. Tapi saya berdoa sama Tuhan, tidak lama kemudian ditemukan," kata Tonny.

Dalam kasus ini, Antonius Tonny Budiono didakwa menerima suap Rp 2,3 miliar. Suap tersebut diberikan oleh Komisaris PT Adiguna Keruktama, Adi Putra Kurniawan.

Tonny juga didakwa menerima gratifikasi dalam bentuk berbagai mata uang asing dan barang-barang berharga lainnya.


Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://nasional.kompas.com/read/2018/04/04/13461851/mantan-dirjen-hubla-akui-pernah-terima-20000-dollar-as-dari-jonan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Dirjen Hubla Akui Pernah Terima 20.000 Dollar AS dari Jonan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.