Search

Ditopang berbagai sentimen positif, rupiah menguat ke Rp 14.463 per dollar AS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah kembali menguat dalam perdagang hari ini (26/7) terhadap dollar AS. Penguatannya didukung oleh sentimen-sentimen positif dari internal maupun eksternal.

Mengutip Bloomberg hari ini, rupiah menguat 0,08% ke level Rp 14.463 per dollar Amerika Serikat (AS). Senada, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) juga mencatatkan penguatan rupiah 0,49% ke level Rp 14.443 per dollar AS.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, penguatan rupiah didorong oleh tensi perang dagang AS-China yang sudah mulai menurun. "Ketegangan trade war sudah sedikit mereda, dan efeknya bisa dirasakan rupiah dengan penguatan," katanya.

Selain itu,tercapainya kesepakatan perdagangan antara AS bersama uni Eropa memberikan dampak positif terhadap mata uang Garuda. Index dollar yang tidak bergerak secara signifikan juga menjadi salah satu sentimennya.

Dari dalam negeri sendiri, efek aktifitasi lelang seritifikat Bank Indonesia (SBI) menjadi upaya positif Bank Indonesia (BI).Upaya ini dikatakan Reny sebagai instrument variasi kebijakan BI selain melakukan interfensi. Hal ini juga dianggap cuku berhasil dan hasilnya kita bisa melihat rupiah menguat dalam tiga hari ini.

Menurut Reny, rupiah masih ada ruang untuk menguat dalam perdagangan besok. Ia memperkirakan rupiah akan berada di antara Rp 14.420-14.495 per dollar AS.


 


Reporter: Michelle Clysia Sabandar
Editor: Sanny Cicilia

VALUTA

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://investasi.kontan.co.id/news/ditopang-berbagai-sentimen-positif-rupiah-menguat-ke-rp-14463-per-dollar-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditopang berbagai sentimen positif, rupiah menguat ke Rp 14.463 per dollar AS"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.