Search

Republik Tolak Usulan Paket Stimulus 3 Triliun Dollar AS - Koran Jakarta

WASHINGTON – Senat Amerika Serikat (AS) dari kubu Republik menentang Rancangan Undang-Undang (RUU) paket stimulus pan­demi virus korona jilid IV se­nilai lebih dari 3 triliun dollar AS (USD). Bahkan, Para se­nator Grand Old Party (GOP) Republik dengan tegas akan menghadang RUU usulan kubu Demokrat itu di sidang Senat.

“Apa yang diusulkan Nancy Pelosi (Ketua DPR) tidak akan pernah diloloskan Senat,” kata Senator John Barrasso di Wa­shington, Selasa (12/5).

Sementara itu, Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch Mc­Connell, mengatakan tidak ada urgensi bahwa keputusan harus diambil sesegera itu. Se­nat akan mempertimbangkan opsi tersebut hingga setelah Memorial Day atau Hari Pahla­wan AS.

McConnell menyatakan proposal Demokrat sebagai “kantong prioritas” namun bu­kan sesuatu yang “berurusan dengan kenyataan.”

“Saya tidak percaya itu akan menjadi nyata,” kata Anggota DPR dari kubu Republik, Andy Biggs, pemimpin Kaukus House Freedom yang berhaluan keras.

Menurutnya, RUU itu pe­nawaran yang sangat partisan tanpa masukan nyata dari Partai Republik, yang lebih suka me­nilai dampak pengeluaran sebe­lum memberikan persetujuan.

Sebelumnya, Ketua House of Representatives (DPR) AS, Nancy Pelosi, mengumum­kan rancangan paket stimu­lus pandemi virus korona jilid IV dengan nama “Heroes ACT “senilai lebih dari tiga triliun dollar AS. Paket tersebut men­cakup dana satu triliun dollar AS untuk biaya penanggungan risiko bagi kalangan pekerja di sektor penting dan bantuan tunai terbaru kepada warga di setiap negara bagian dan kota.

Diperkirakan, paling cepat pada Jumat (15/5), DPR AS akan melakukan pemungutan suara untuk rancangan un­dang-undang paket itu.

“Kita harus berpikir luas, untuk orang-orang, sekarang,” kata Pelosi dari Capitol Hill.

“Tidak bertindak adalah pelajaran yang paling mahal,” imbuhnya.

Cegah PHK

Salah satu isi Undang-Un­dang “Pahlawan” Partai Demo­krat itu adalah dana satu triliun dollar AS untuk negara bagian, kota, dan pemerintahan guna mencegah pemutusan hubung­an kerja (PHK). Kemudian, ban­tuan 375 miliar dollar AS untuk kota-kota kecil di daerah dan pedesaan yang belum tersentuh paket sebelumnya.

RUU itu akan menawarkan putaran baru bantuan tunai langsung sebesar 1.200 dol­lar AS untuk perorangan, naik hingga 6.000 dollar AS per ru­mah tangga, dan dana bantuan perumahan senilai 175 mi­liar dollar AS untuk membantu membayar sewa dan hipotek. Selain itu, terdapat alokasi 75 miliar dollar AS lebih untuk ke­pentingan pengujian vaksin.

Bantun tersebut akan terus berlanjut hingga Januari, de­ngan peningkatan 600 dollar AS per minggu untuk tunja­ngan pengangguran.

Jumlah tersebut mengan­dung kenaikan 15 persen untuk kupon makan, subsidi premi asuransi kesehatan baru bagi pekerja yang diberhentikan berdasarkan undang-undang COBRA, dan periode pendaf­taran khusus “Obamacare”. SB/AFP/ils/AR-2

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh http://www.koran-jakarta.com/republik-tolak-usulan-paket-stimulus-3-triliun-dollar-as/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Republik Tolak Usulan Paket Stimulus 3 Triliun Dollar AS - Koran Jakarta"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.