Search

Dollar AS Palsu Dijual Murah dengan Dalih Uang Lama - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengedar dollar palsu di Jakarta Utara mengiming-imingi calon pelanggan mereka dengan harga jauh dibawah kurs yang berlaku saat ini.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, dollar-dollar palsu itu mereka jual sekitar Rp 8.000 per dollar AS.

Sementara, kurs saat ini menunjukkan nilai tukar dollar terhadap rupiah berada di kisaran Rp 14.000

"Disampaikan oleh para pelaku bahwa, kenapa harganya miring atau harganya murah, karena dollar seri lama sehingga mereka menjual lebih murah daripada dolar seri terbaru," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto di Mapolsek Pademangan, Jumat (22/11/2019).

Selain itu ,untuk meyakinkan pelanggan, dollar palsu yang diedarkan lima tersangka berinisial DS (49), JK (45), TH (40), DM (39) ES (39) itu dibubuhi tanda air (watermark) untuk meyakinkan pelanggannya.

Mereka membawa alat yang bisa memancarkan sinar UV tersebut saat bertransaksi dengan korban.

Baca juga: Mirip Aslinya, Dollar Palsu yang Akan Diedarkan di Jakarta Utara Ada Tanda Air

Mendapat informasi adanya peredaran uang tersebut, polisi mengirimkan seorang informan yang berpura-pura memesan dollar palsu.

Transaksi dijanjikan terjadi di depan WTC Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara.

Saat tiga tersangka berinisial DS, JK, dan TH menunjukkan uang palsu tersebut, polisi menyergap mereka. Lalu polisi mengejar ES dan DM yang berlokasi di Bogor.

"Terhadap para tersangka kita kenakan pasal 245 KUHP, ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," ucap Budhi.

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://megapolitan.kompas.com/read/2019/11/22/17382061/dollar-as-palsu-dijual-murah-dengan-dalih-uang-lama

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dollar AS Palsu Dijual Murah dengan Dalih Uang Lama - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.