Search

Ekspor Kopi Arabika Gayo Capai 100 Juta US Dollar, Bupati Bener Meriah Tagih Ini ke Pemerintah Pusat - Serambi Indonesia

Ekspor Kopi Arabika Gayo Capai 100 Juta US Dollar, Bupati Bener Meriah Tagih  Ini ke Pemerintah Pusat 

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menegaskan kopi Arabika Gayo yang merupakan komoditi unggulan dari Dataran Tinggi Gayo (DTG) ikut menyumbangkan devisa bagi negara.

Meski begitu, kabupaten penghasil kopi itu, belum mendapat insentif dari pemerintah pusat walaupun ikut menyumbangkan devisa negara.

Hal itu, ditegaskan Tgk H Sarkawi ketika menghadiri acara pembukaan sosialisasi kopi organik Arabika Gayo yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh di Gedung Olah Seni (GOS), Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (26/10/2019).

“Kami orang Gayo, sudah menghasilkan devisa bagi negara ini. Pertanyaannya, kami belum dapat insentif apa-apa dari situ,” tegas Sarkawi.

Disebutkan Sarkawi, sampai dengan saat ini, komoditi kopi masih dikenakan pajak. Berbeda perlakuan dengan sawit dan jagung yang tidak lagi dikenakan pajak. Untuk kopi Arabika Gayo, masih dikenakan pajak oleh negara sebesar lebih dari 10 persen.

Lahan Terkena Jaringan Irigasi Alue Geureutut Makmur Diukur Ulang, Ini Tujuannya

7 Tahap Penting Sebelum Lakukan Pendaftaran CPNS 2019, Catat dan Simak Baik-baik!

Pulau Banyak Krisis BBM, Nelayan tak Bisa Melaut

“Untuk itu, kami butuh insentif dari kementerian. Ini merupakan suara orang Gayo,” ungkap Sarkawi.

Bupati Sarkawi mengemukakan tentang insentif tersebut, karena dalam acara sosialisasi kopi organik Arabika Gayo, juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pertanian RI. Menurut Sarkawi, selama kuartal Januari hingga Juli 2019, ekspor kopi arabika Gayo ke Amerika sebesar 45 juta US dollar.

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://aceh.tribunnews.com/2019/10/26/ekspor-kopi-arabika-gayo-capai-100-juta-us-dollar-bupati-bener-meriah-tagih-ini-ke-pemerintah-pusat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekspor Kopi Arabika Gayo Capai 100 Juta US Dollar, Bupati Bener Meriah Tagih Ini ke Pemerintah Pusat - Serambi Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.