Search

Jumat sore, rupiah berbalik menguat di Rp 14.086 per dollar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah berbalik menguat terhadap dollar AS pada Jumat (22/6) sore.

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/6) pukul 17.00 WIB, kurs rupiah di pasar spot terapresiasi 16 poin atau 0,11% ke level Rp 14.086 per dollar AS. Pagi tadi, mata uang Garuda sempat tertekan hingga menyentuh Rp 14.108 per dollar AS.

Sedangkan, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) mencatat, pelemahan rupiah sebesar 0,08% menjadi Rp 14.102 per dollar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih mengatakan, penguatan rupiah hari ini tidak luput dari peran intervensi Bank Indonesia (BI). Apalagi, BI kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada pekan depan.

"Diharapkan, kenaikan suku bunga yang direncanakan BI minggu depan kemungkinan bisa membuat rupiah menguat," kata Lana kepada Kontan.co.id, hari ini.

Kemarin, mata uang Garuda tertekan karena merespons perang dagang antara AS-China. Respons rupiah mengekor pelemahan yang terjadi di hampir semua mata uang dunia.

Perdagangan rupiah pekan ini juga bisa dikatakan tidak maksimal karena Indonesia libur hari raya Idul Fitri, sehingga sentimen dari eksternal yang banyak mempengaruhi pergerakan rupiah.

Lana memperkirakan, pekan depan, rupiah akan bergulir di kisaran Rp 14.000-14.100 per dollar AS.


Reporter: Michelle Clysia Sabandar
Editor: Dupla Kartini

KURS RUPIAH

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://investasi.kontan.co.id/news/jumat-sore-rupiah-berbalik-menguat-di-rp-14086-per-dollar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumat sore, rupiah berbalik menguat di Rp 14.086 per dollar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.