Search

Mulai 2020, Barang Impor Online di Atas 3 Dollar AS Akan Dikenai Biaya, Begini Penjelasannya - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM - Mulai 2020 mendatang, barang impor online di atas 3 dollar Amerika Serikat (AS), akan terkena biaya masuk impor.

Sebelumnya, nilai barang yang kena biaya impor adalah barang di atas 75 dollar AS per kiriman.

Pemerintah beralasan, kebijakan ini untuk melindungi pengusaha dalam negeri, misalnya untuk pengusaha produk tas, sepatu dan garmen.

Terkait peraturan baru soal biaya masuk barang impor online, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Negara, Syarif Hidayat memberikan penjelasannya.

"Sekarang barang kiriman dikenakan perubahan dari yang tadinya 75 dollar AS sekarang diturunkan menjadi 3 dollar AS, sehingga turunnya lumayan," ujar Syarif Hidayat, dikutip Tribunnews dari tayangan yang diunggah YouTube metrotvnews, Rabu (25/12/2019).

Tak hanya itu, pemerintah juga menghapuskan PPH.

"Tetapi disamping itu, ada juga perubahan lain ya, PPH nya sekarang juga dihilangkan karena dianggap penyerahan terhadap an user," ungkapnya.

Syarif Hidayat menyebut dalam tiga tahun ini terjadi lonjakan yang cukup besar terhadap barang impor.

Pada 2017, data kiriman jumlah barang sekira 7 juta, kemudian bergerak menjadi 26 juta pada 2018.

Sementara pada 2019, jumlah tersebut melonjak tajam hingga menembus angka 49,6 juta.

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/26/mulai-2020-barang-impor-online-di-atas-3-dollar-as-akan-dikenai-biaya-begini-penjelasannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mulai 2020, Barang Impor Online di Atas 3 Dollar AS Akan Dikenai Biaya, Begini Penjelasannya - Tribunnews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.