Search

AS Hingga Juni Raih 63 Miliar Dollar dari Tarif - Koran Jakarta

WASHINGTON DC - Penda­patan Kementerian Keuangan AS mengalami peningkatan yang amat pesat sepanjang ta­hun lalu setelah pemerintahan pimpinan Donald Trump memberlakukan tarif baru.

Kenaikan tarif yang disetu­jui oleh Presiden Trump telah membuat berang Beijing dan meningkatkan perang dagang AS-Tiongkok. Tetapi ditengah kemelut itu ada satu kementeri­an yang menerima manfaat yai­tu Kementerian Keuangan AS.

Berdasarkan data Kemen­terian Keuangan AS terbaru, terhitung pada 30 Juni lalu, pemerintah AS telah mengum­pulkan tarif senilai 63 miliar dollar AS. Angka ini akan se­makin melonjak saat tarif saat ini akan ditingkatkan.

AS mengumpulkan tarif 6 miliar dollar AS pada Juni, naik dari 5,3 miliar dollar AS pada Mei, dan 4,8 miliar dollar AS pada April, setelah keputusan Trump untuk menaikkan pu­ngutan atas produk-produk Tiongkok senilai 200 miliar dol­lar AS dari yang tadinya besaran­nya hanya 10 persen, dan kini meningkat menjadi 25 persen.

Peningkatan tarif menjadi 25 persen mulai berlaku secara bertahap pada Mei. Saat ini AS berada pada tahap untuk menghasilkan 72 miliar dollar AS dalam tarif per tahun, dan bisa menembus angka 100 mil­iar dollar AS seperti yang telah digembar-gemborkan Trump jika AS benar-benar member­lakukan pengenaan tarif baru sebesar 10 persen terhadap 300 miliar dollar AS produk impor yang belum kena pajak yang di­berlakukan mulai 1 September.

Walau begitu, ada konsekue­nsinya karena untuk setiap dol­lar yang dihasilkan oleh tarif baru, maka satu dolar akan di­alokasikan untuk mendanai program penyelamatan bagi para petani yang telah dirugi­kan oleh pembalasan dari Tion­gkok dan negara-negara lain.

AS sejauh ini telah menye­tujui 12 miliar dollar AS bagi penggelontoran dana peny­elamatan pertanian pada 2018 dan tambahan senilai 16 miliar dollar AS pada tahun ini, se­hingga total semuanya menca­pai 28 miliar dollar AS.

Menurut perkiraan dari Tar­iffs Hurt the Heartland, seperti diberitakan Wall Street Journal edisi Rabu (7/8) sebuah kelom­pok kepentingan yang dicip­takan oleh bisnis yang menen­tang tarif, tarif baru ini telah menghasilkan 27 miliar dollar AS secara kumulatif, pada da­sarnya ukuran yang sama den­gan program penyelamatan yang diotorisasi untuk petani.

Peningkatan tarif mulai meroket tahun lalu ketika pe­merintahan pimpinan Trump memberlakukan serangkaian tarif baru di Tiongkok seba­gai balasan atas apa yang di­katakannya adalah praktik bis­nis yang tidak adil. AS saat ini memberlakukan tarif 25 persen untuk barang-barang Tiongkok senilai sekitar 250 miliar dollar AS. n ils/wsj/AR-2

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh http://www.koran-jakarta.com/as-hingga-juni-raih-63-miliar-dollar-dari-tarif/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Hingga Juni Raih 63 Miliar Dollar dari Tarif - Koran Jakarta"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.