Search

Akhir Pekan, Nilai Tukar Rupiah Rp 13.947 Per Dollar AS - Surya Malang

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Ekonom Sukor Sekuritas, Luthfi Ridho mengapresiasi pencapaian rupiah Jumat (1/2/2019). Menurutnya, kemampuan rupiah tersebut karena aliran dana asing di sektor saham dan obligasi

Mengutip Bloomberg, pada Jumat (1/2) pukul 16.30 WIB rupiah menguat 0,18 menjadi Rp 13.947 per dollar Amerika Serikat (AS). Dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat 0,66 persen yakni Rp 13.978 per dollar AS. 

Luthfi menilai, Investor asing makin percaya dengan massa depan ekonomi Indonesia yang cerah. Apalagi harga minyak dunia sedang dalam tren terkoreksi.

Sedangkan pada periode awal tahun ini impor minyak di Indonesia tidak ada atau sedang berkurang. “Biasanya nanti menjelang lebaran baru impor untuk bahan bakan minyak (BBM),” kata Luthfi kepada Kontan, Jumat (2/1).

April nanti, menurut Luthfi,  barulah pemerintah kemungkinan impor minyak. Artinya, sampai dengan tenggat waktu tersebut rupiah akan tetap menguat. Ia menambahkan, jika harga minyak terus terkoreksi otomatis dana asing akan terus masuk besar-besaran. Dan tidak menuntut kemungkinan bisa saja rupiah berada di level Rp 13.500 per dollar AS.

Di sisi lain, indeks dollar melemah karena permintaannya cederung stabil dan sedikit turun. Ia mengapresiasi BI yang berani menjaga nilai rupiah tetap terapresiasi hari ini. Selain itu, permintaan rupiah juga makin luber. “Ini karena penyaluran kredit makin besar bahkan sampai double digit,” ucap Luthfi.

Sentimen tersebut yang pada pekan ini sangat berpengaruh atas apresiasi nilai rupiah. Ditambah The Fed yang memertahankan suku bunga di level 2,25 persen - 2,5  persen. Menurutnya, hal itu yang memengaruhi rupiah pekan ini masih berdampak hingga pekan depan. Sebab, dalam sentimen yang terjadi cukup penting dan berdampak cukup lama.

Adapun untuk perdagangan Senin (4/2), Luthfi memprediksi rupiah akan berada di area Rp 13.900 - Rp 14.100 per dollar AS. Sementara sepekan ke depan diramal rupiah akan bergerak di Rp 13.900 sampai Rp 14.200 per dollar AS.

Let's block ads! (Why?)

Read Again Vroh http://suryamalang.tribunnews.com/2019/02/02/akhir-pekan-nilai-tukar-rupiah-rp-13947-per-dollar-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhir Pekan, Nilai Tukar Rupiah Rp 13.947 Per Dollar AS - Surya Malang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.